Kesehatan

5 Jenis Jerawat dan 5 Cara Mengatasi Jerawat membandel

Buletin Sigma – cara-cara mengatasi jerawat, tapi sebelumnya ketahui dulu apa itu jerawat dan jenis-jenis jerawat.

Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi pada orang dewasa maupun remaja. Jerawat terjadi ketika kelenjar minyak di kulit mengalami peningkatan produksi dan menyumbat pori-pori kulit. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya bintik-bintik merah yang terasa gatal atau sakit, yang disebut dengan jerawat. Jerawat biasanya terjadi di wajah, leher, dada, dan punggung.

Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perubahan hormon, penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai, stres, atau pola makan yang tidak sehat. Beberapa orang mungkin juga memiliki kulit yang lebih rentan terhadap jerawat karena faktor genetik.

Ada beberapa jenis jerawat yang sering terjadi, yaitu:

  1. Jerawat komedo (blackheads dan whiteheads): Jerawat komedo terjadi ketika kelenjar minyak menyumbat pori-pori kulit. Blackheads merupakan jerawat yang muncul di permukaan kulit dengan warna hitam, sedangkan whiteheads merupakan jerawat yang muncul di bawah permukaan kulit dengan warna putih.
  2. Jerawat papula: Jerawat papula adalah jerawat yang muncul di atas permukaan kulit sebagai bintik merah yang terasa sakit atau gatal. Jerawat papula dapat muncul sendiri atau bersamaan dengan jerawat lainnya.
  3. Jerawat pustula: Jerawat pustula adalah jerawat yang muncul di atas permukaan kulit sebagai bintik merah dengan pus di tengahnya. Jerawat pustula dapat muncul sendiri atau bersamaan dengan jerawat lainnya.
  4. Jerawat nodula: Jerawat nodula adalah jerawat yang terjadi di bawah permukaan kulit sebagai bintik merah atau putih yang terasa sakit atau tegang. Jerawat nodula dapat menimbulkan rasa sakit yang tinggi dan biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh.
  5. Jerawat kistik: Jerawat kistik adalah jerawat yang terjadi di bawah permukaan kulit sebagai benjolan yang terisi dengan cairan atau pus. Jerawat kistik biasanya terasa sakit dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh.

Jerawat dapat menyerang siapa saja, tetapi biasanya lebih sering terjadi pada remaja dan orang dewasa muda. Namun, beberapa orang mungkin juga mengalami jerawat pada usia yang lebih tua.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Jerawat pakai Obat Herbal Alami & Menyehatkan

Cara mengatasi jerawat, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, seperti:

  1. Menjaga kebersihan wajah dengan rutin membersihkan wajah dengan air hangat dan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit.
  2. Menghindari menekan jerawat atau mencubitnya, karena hal ini dapat menyebabkan infeksi dan memperparah masalah jerawat.
  3. Menggunakan produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit, terutama yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide, yang dapat membantu mengurangi produksi minyak dan menyembuhkan jerawat.
  4. Menjaga pola makan yang sehat dengan menghindari makanan yang tinggi lemak dan gula, serta mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan.
  5. Menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.

Jika jerawat Anda masih terus muncul atau semakin parah meskipun sudah mencoba berbagai cara mengatasi jerawat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan yang terpercaya untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat.

Related Articles

Back to top button