News

Mau Bikin Sim? Cek Disini Persyaratan terbaru 2023

Buletin Sigma – Baur SIM polres kota Sukabumi Aiptu Asep Rahmat mengatakan kepada awak media, terdapat tiga dokumen yang harus dilengkapi pada saat akan membuat sim, yakni foto kopi KTP, KIR dokter dan surat keterangan lulus psikotes.

Baur SIM, Polres Kota Sukabumi, Aiptu Asep Rahmat

Setelah ketiga dokumen tadi dinyatakan lengkap maka pemohon dipersilakan untuk datang ke meja petugas untuk diproses dan didaftarkan ke loket pendaftaran.

dari ketiga dokumen tersebut, tes Psikologi merupakan tes yang baru di laksanakan terhitung sejak 22 Desember 2022.

Tes psikologi ini dilaksanakan secara paralel dengan test kesehatan. Jadi test kesehatan untuk syarat sehat jasmani, test psikologi untuk syarat sehat rohani sebagaimana diatur dalam UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

hal tersebut sejalan dengan apa yang tercantum dalam UU Nomor 22 Tahun 2009, mengenai sehat jasmani dan rohani tertulis pada Pasal 81 Ayat 4. Tertulis syarat kesehatan untuk memiliki Surat Ijin Mengemudi meliputi dua poin, yakni sehat jasmani dengan surat keterangan dokter, dan sehat rohani dengan surat lulus tes psikologi.

Selain itu, ada pula Peraturan Polri Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi. Dalam Pasal 10 dan 12, disebutkan lengkap mengenai tes psikologi untuk kepemilikan Surat Ijin Mengemudi.

Tujuan tes psikologi, seperti dijelaskan oleh psikoloh Sagita Nur Suciani, S.Psi adalah untuk melihat stabilitas tingkat emosi pemohon, serta mencermati kemampuan olah fikir dan sikap (atitude). Intinya dalam tes psikologi ada tiga sasaran utama yaitu psikomotor, kognitif dan apektif.

Jika dalam tes psikologi ini hasilnya menyimpang maka yang bersangkutan dipastikan tidak akan memperoleh Surat Ijin Mengemudi yang dimohonnya.

Psikoloh Sagita Nur Suciani, S.Psi juga menyebutkan, untuk tes psikologi itu biayanya Rp. 75.000 untuk satu sim C atau A. Namun jika pemohon membuat keduanya sekaligus cukup bayar Rp. 100.000

Selain surat keterangan psiko tes, pemohon juga harus melengkapi dokumen lainnya yaitu berupa KIR dokter. Sebelum ke meja pelayanan sim, pemohon terlebih dahulu datang ke bagian kesehatan untuk di cek kesehatannya, apakah memenuhi kritetia atau tidak.

Di bagian kesehatan ini, pemohon akan diperiksa terutama mengenai penglihatan (test buta warna) dan pendengaran (telinga). Mengingat kedua jenis indera ini sangat fatal.

Menurut petugas kesehatan, hal lainnya merupakan faktor penunjang seperti tensi darah dan lain lain.
biaya untuk pengecekan kesehatan ini, pemohon harus menyiapkan uang sebesar 50 ribu rupiah.

Maka secara keseluruhan bagi pemohon SIM C baru harus menyiapkan uang sebesar 225.000 ( dua ratus dua puluh lima ribu rupiah) dimana rincian biaya teresebut Rp. 100.000 untuk SIM C, 75.000 untuk tes psikotes dan 50 ribu untuk Pengecekan kesehatan. Sedangkan untuk biaya Pembuatan SIM A baru sebesar 120 ribu rupiah.**

Related Articles

Back to top button